Rabu, 08 Maret 2023

MODUL AJAR KELAS 7 (MENGHARGAI PRODUK DAN JASA LOKAL) OLEH AZ-ZHURA

 

 MODUL  PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

                                                  KELS VII (TUJUH) FASE D

A.INFORMASI UMUM

Identitas Sekolah

Nama Penyusun

Az-zhura

Institusi

SMP Negeri 33 Palembang

Tahun

2023

Jenjang Sekolah

SMP

Kelas/Fase

VII/D

Alokasi Waktu

2 JP = 2x30 menit = 60 menit

Profil Pelajar Pancasila yang Berkaitan 

a.      Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia (Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran)

b.      Berkebhinekaan global (Menghargai pendapat)

c.      Bergotong royong (Kolaborasi: Bekerjasama dalam kelompok melalui pemberian saran/ide/gagasan dan menerima atau melkasanakan atas kesepakatan kelompok dalam mencapai penyelesaian  tugas yang diberikan)

d.      Bernalar kritis (Berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang telah diberikan)

e.      Kreatif (Menampilkan produk yang akan di presentasikan)

f.      Mandiri (Eksplorasi konsep : menjelaskan budaya lokal yang ada disekitarnya)

Kompetensi Awal

 (Entrybehavior)

Peserta didik diberikan Pre-test (Tanya Jawab)

KOMPETENSI AWAL

Moda dan Model Pembelajaran

Moda pembalajaran tatap muka dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Sarana Prasarana

Sarana                              : Komputer/Laptop, Internet,Speaker

 

·       Materi dan Sumber Ajar :  Buku PPKn siswa kelas 7, Slide, Video, Gambar

Target Peserta Didik

Peserta didik regular/tipikal umum : tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi pelajaran

Jumlah Peserta didik

33

Capaian Pembelajaran

Menganggap keragaman dan perubahan sebagai suatu kenyataan yang ada    di dalam kehidupan bermasyarakat;

Memahami pentingnya melestarikan dan menjaga tradisi budaya dan kearifan lokal untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia; berperan aktif menjaga dan melestarikan praktik-praktik kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat global.

 

 

 

 

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5

PERTEMUAN 1

KOMPETENSI INTI

PEMAHAMAN MATERI

Materi Subbab

·       Menghargai Produk dan Jasa Lokal

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran

Peserta  didik  mampu  mengapresiasi Produk dan jasa lokal daerahnya.

Indikator Tujuan Pembelajaran

·       Peserta didik mampu memberikan contoh produk dan  jasa lokal yang ada di sekitar nya (C2)  

·       Peserta  didik  mampu  memberikan contoh sikap toleran dan menghargai Produk dan Jasa Lokal yang ada di daerah sekitar nya (C3)

·       Peserta didik mampu menganalisis Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia (C4)

Pertanyaan Pemantik

Ada yang tahu apa itu batik?

Pemahaman bermakna

Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan Peserta didik mampu memberikan contoh produk dan  jasa lokal yang ada di sekitar nya dan juga

Peserta  didik  mampu  memberikan contoh sikap toleran dan menghargai Produk dan Jasa Lokal yang ada di daerah sekitar nya serta

Peserta didik mampu menganalisis Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia

Assesmen 

·       individu  (Tertulis)

·       kelompok (Performa)

Pembelajaran Berdiferensiasi

·       Gaya belajar visual : disajikan gambar mengenai contoh hasil kerajinan masyarakat di Indonesia.

·       Gaya belajar Auditori : disajikan video permasalahan mengenai Produk dan jasa lokal

·       Gaya belajar kinestetik : disajikan contoh produk dan jasa lokal

dan  melakukan kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok

KEGIATAN PEMBELAJARAN  

Pendahuluan

(10 menit)

1.     Orientasi

·       Mengucap salam kepada peserta didik

·       Meminta seorang peserta didik untuk memimpin doa.

·       Mengecek kehadiran peserta didik  dan mengondisikan kelas.

2.     Motivasi

·      Peserta didik diberikan pantun beraitan dengan menghargai Produk dan jasa lokal

3.      Apersepsi

·       Melakukan tanya jawab kepada peserta didik  mengenai materi yang sudah dipelajari sebelumnya dan mengkaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.

 

 

4.     Pemberian Acuan

·       Peserta didik diberitahu tentang tujuan dan rencana pembelajaran yang akan dilakukan

·       Peserta didik diberitahu kegiatan penilaian yang akan dilakukan

Kegiatan Inti

Tahap 1

Orientasi Peserta didik pada masalah

·      Peserta didik diberi pengantar materi secara singkat

·       Peserta didik ditunjukan mengenai Pemetaan Pikiran terkait menghargai Produk dan Jasa Lokal.

·      Peserta didik diminta menyaksikan video pembelajaran dan gambar-gambar tentang menghargai produk dan jasa lokal

·       peserta didik diarahkan untuk bertanya dan menganalisis Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia

Tahap 2

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

·       Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok (5- 6 orang)  

·       Peserta didik membagi tugas dalam kelompok sesuai dengan hasil kesepakatan.

·       Peserta didik mempersiapkan segala sumber untuk menyelesaikan tugas kelompok

Tahap 3

Penyelidikan kelompok

·       Peserta didik dalam kelompok mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dengan mencari data dari hasil penyelidikannya melalui buku, buku suplemen, internet, atau sumber lain yang tervalidasi. (Critical Thinking dan Problem Solving)

 

·       Peserta didik mengklasifikasikan data yang diperoleh sesuai dengan bagian dari tugas yang sudah dibuat sesuai kesepakatan kelompok. (Tanggung jawab)

Tahap 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·       Peserta didik mengembangkan pemahaman tentang Budaya Lokal dirumah, disekolah dan di masyarakat

·      peserta didik menyusun presentasi sebaik dan semenarik mungkin (Creativity)

·       mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Peserta didik dari kelompok lain memberikan pertanyaan, komentar, masukan terhadap kelompok yang presentasi.

·        

Tahap 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·      peserta didik mengevaluasi hasil presentasinya berdasarkan saran serta masukan dari guru dan juga teman kelompok

·      peserta didik diberikan penguatan materi dari hasil presentasi

P enutup

  • Meminta tanggapan peserta didik atas pembelajaran hari itu dan AMBAK (apa manfaatnya bagiku) yang didapatkannya.
  • peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran

Refleksi Guru

Kegiatan refleksi pada akhir Bab ini bertujuan untuk:

  • memetakan kemampuan peserta didik kelas tujuh di awal tahun ajaran sebagai masukan bagi guru untuk merumuskan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi tiap peserta didik pada bab berikutnya dan
  • menilai efektifitas strategi dan metode pembelajaran yang dipilih guru dan merumuskan cara untuk menyempurnakannya pada bab berikutnya.

 PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.Penilaian Kompetensi Sikap

Indikator sikap didasarkan pada hasil pengamatan terhadap siswa, baik pengamatan langsung maupun pengamatan tidak langsung. Pengamatan langsung dilakukan guru pada setiap pertemuan terhadap siswa dalam menjalani kegiatan pembelajaran. Sedangkan pengamatan tidak langsung didasarkan pada laporan menyangkut sikap siswa sehari-hari baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat yang telah terkonfirmasi.

 

Jurnal Perkembangan Sikap

 

Kelas               :           ......................................................

Semester         :           ......................................................

Lembar Observasi Sikap Spiritual

 

No

Tanggal

Nama Siswa

Sikap Spritual (skor 1-4)

Rata-rata skor

Berdoa

Bersyukur

Jujur

1

 

 

2

 

 

3

 

 

Lembar Observasi Sikap Mental

 

No

Tanggal

Nama Siswa

Sikap Spritual (skor 1-4)

Rata-rata skor

Ramah

Antusias

Tanggung jawab

1

 

 

2

 

 

3

 

 

 

Lembar observasi Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Siswa

Sikap Sosial (skor 1-4)

Rata-rata skor

Toleransi

Disiplin

Kolaborasi

1

 

 

2

 

 

3

 

 

 

a.Rubrik/ Pedoman Penskoran:

 4 : Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 : Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 : Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 : Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

b. Pedoman Penilaian :

Perhitungan skor konversi ke skala 1 – 4 menggunakan rumus:

 Nilai= skor yang diperoleh/skor maksimum x 4

2.Penilaian Kompetensi Pengetahuan

 

Tabel Kisi-Kisi Soal

No

Indicator Pencapaian Kompetensi

Materi

Teknik Penilaian

Bentuk Soal

1

Memberikan contoh produk dan  jasa lokal yang ada di sekitar nya

Contoh produk dan  jasa lokal yang ada di sekitar nya

Tes tertulis

Uraian

2

Memberikan contoh sikap toleran dan m enghargai Produk dan Jasa Lokal yang ada di daerah sekitar nya

Sikap toleran atau

menghargai produk dan Jasa Lokal yang ada di daerah sekitar nya

 

Tes tertulis

Uraian

3

Menganalisis Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia

 

Hasil Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia

 

Tes tertulis

Uraian

 

Tabel kunci jawaban dan Penskoran

No

Soal

Uraian Jawaban

Skor

1

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menghasilkan banyak sekali kerajinan, baik itu hiasan rumah, peralatan rumah tangga, dan juga kerajinan tekstil seperti batik.. Dari uraian diatas coba jelaskan contoh Produk lokal yang kalian ketahui!

Contoh kerajinan peralatan rumah tangga : centong nasi dari batok kelapa, alas piring dari rotan, tikar pandan warna-warni

 

Contoh kerajinan tekstil: kain tenun dari sumba, songket dari palembang, sutra dari bugis

25

2

Bastian dan teman-teman nya berasal dari keluarga mampu. Untuk sepatu, baju, dan semua yang dipakai bastian dan kawan-kawannya harus serba mahal dan buatan luar negeri. Mereka berpendapat kalau barang mahal dan buatan luar negeri pasti bagus, maka mereka tidak mau membeli produk dalam negeri apalagi yang diproduksi dekat tempat tinggalnya sendiri. Bagaimana sikap kalian terhadap bastian dan teman-teman nya itu?

 

Contoh sikap Toleran dan menghargai Produk dan Jasa lokal :

1.Aktif mengkonsumsi, artinya dengan kita mengkonsumsi produk dan jasa lokal di daerah sekitar kita telah mendorong peningkatan produksinya, baik dalam jumlah maupun kualitas

2.Aktif menggunakan, dengan cara ini kita sudah menghargai para pembuat produk dan jasa lokal

3.Aktif mengembangkan dengan cara kita memberikan usulan hal apa saja yang mesti dikembangkan dalam sebuah produk atau jasa di daerah kita, sehingga produk yang dihasilkan lebih baik dari waktu ke waktu

 

 

25

3

Menganalisis Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia.

 

Jawaban ini adalah hasil analisis perserta didik tentang

Hasil Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia

Peserta didik mampu menganalisis atau

mampun mencari informasi

tentang Hasil Produk dan jasa lokal yang ada di Indonesia.

50

Pedoman Penilaian : Nilai Akhir = (skor yang diperoleh/skor maksimum) x 10

 

3.Penilaian Kompetensi Keterampilan

No

Nama Peserta Didik

menyampaikan hasil diskusi kelompok secara tegas dan lugas

mengomunikasikan ide dan gagasan dengan terarah dan sistematis

Memberi Masukan/ Saran

Mengapre-siasi

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1

2

3

Keterangan                : Diisi dengan tanda ceklist ()

Kategori Penilaian    : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai  =                                                                            Skor Perolehan  × 50

2

 

No

Refleksi Peserta Didik

 

Pertanyaan

 

1.

Apakah kamu memahami intruksi yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran?

2

Apakah media pembelajaran, alat dan bahan mempermudah kamu dalam kegiatan pembelajaran?

3

Materi apa yang kamu pelajari pada pembelajaran yang telah dilakukan?

4

Apakah materi yang disampaikan, didiskusikan, dan dipresentasikan dalam pembelajaran dapat kamu pahami?

5

Manfaat apa yang kamu peroleh selama mengikuti kegiatan pembelajaran?

6

Sikap positif apa yang kamu peroleh selama mengikuti kegiatan pembelajaran?

7

kesulitan apa yang kamu alami dalam pembelajaran?

8

Apa saja yang kamu lakukan untuk pembelajaran yang lebih baik?

 

No

Refleksi Pendidik

 

Pertanyaan

 

1

Apakah kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana?

2

Apakah peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik?

3

Apakah peserta didik memahami materi dengan baik?

4

Apa kelebihan yang dimiliki dari kegiatan pembelajaran ini

 

Pengayaan

Refa berasal dari keluarga mampu. Teman-temannya juga banyak dari keluarga kaya. Untuk sepatu, baju, dan semua yang dipakai Refa dan kawan-kawannya harus serba mahal dan buatan luar negeri. Mereka berpendapat kalau barang mahal dan buatan luar negeri pasti bagus, maka mereka tidak mau membeli produk dalam negeri apalagi yang diproduksi dekat tempat tinggalnya sendiri. Bagaimana sikap kalian terhadap Refa dan kawan-kawannya itu?  

 

Remedial

a.Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas

b.Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas dan memberikan kesempatan untuk tes perbaikan

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Nama Anggota Kelompok :                                                 Kelas :

 

1.                                                        

2.                                                        

3.        

4.

5.

6.                                            

 

Bacalah Perintah dibawah ini!

1.Peserta didik menganalisis permasalahan yang ada di teks

2.Contoh Sikap toleran atau menghargai yang seperti apa yang dapat kalian lakukan dalam menghargai produk dan Jasa Lokal yang ada di daerah sekitar kalian

Sampai sekarang, sering kita jumpai masyarakat kita berlomba-lomba untuk membeli produk luar negeri, entah itu disaat mereka bepergian ke luar negeri, maupun berupaya “titip beli” ketika ada kerabat yang pergi ke luar negeri. Bahkan orang kita rela berbondong-bondong pergi ke negeri jiran, hanya untuk berbelanja barang-barang yang “katanya” murah.

Padahal, beberapa kali penulis membuktikan sendiri datang ke negeri jiran tersebut, penulis dapati bahwa harga barang-barang yang dimaksud sebenarnya tidaklah terpaut jauh dengan ketika kita berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan besar di Indonesia, boleh dikatakan sama, tak sebanding dengan effort yang dikeluarkan untuk pergi ke jiran. Bahkan kenyataan berbicara lain, orang-orang dari Malaysia, Singapura, hingga Timur Tengah justru sebaliknya, berbondong-bondong datang ke pusat-pusat belanja kita seperti di Tanah Abang, Pasar Baru Bandung, dsb.

 Apakah kebiasaan menjadi pemuja produk luar negeri tersebut keliru? Ya. Tanpa kita sadari, kita telah melakukan sebuah kesalahan besar bagi bangsa kita sendiri. Kita telah “membunuh” negeri kita sendiri.

Berbeda dengan orang Korea dan Jepang produk-produk elektronik, mobil, sepeda motor, mesin, dsb dari Jepang, pada awalnya memiliki kualitas yang kurang baik. Namun karena bangsa Jepang memiliki kecintaan yang sangat tinggi terhadap produk negeri sendiri, mereka tetap membeli produk tersebut meskipun masih kurang berkualitas. Karena produknya dibeli, maka perusahaan produsen pada akhirnya dapat melakukan riset untuk mengembangkan produknya, sehingga produk mereka akhirnya dapat memiliki kualitas yang bersaing dengan produk-produk dari negara maju di Eropa dan Amerika. Hal yang cukup mengejutkan adalah, ternyata orang Jepang memiliki falsafah, membeli produk dalam negeri adalah suatu cara untuk membantu negaranya menjadi bangsa yang besar, mereka sangat anti dengan produk impor dan selalu berusaha mengkonsumsi produk-produk negeri mereka sendiri, meski harganya lebih mahal dan kualitasnya lebih rendah. Meski banyak barang-barang impor yang masuk, produk-produk dalam negeri Jepang pun tetap menjadi Raja di Negerinya sendiri. Yang menarik, saking loyalnya, mereka tak mudah goyah sedikitpun untuk beralih ke produk-produk impor yang lebih berkualitas, biarpun lebih murah harganya dari produk-produk dalam negeri. Bahkan, mereka dengan sangat percaya diri mempromosikan dan memasarkan produk-produk "Made in Japan" ke berbagai penjuru dunia.

 

Hasil diskusi :

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi

Menghargai Produk dan Jasa Lokal

Semakin banyak produk serta jasa lokal di sekitar tempat tinggal kalian masing-masing akan membuat daerah kalian semakin maju. Produk lokal dapat berupa produk kerajinan masyarakat serta barang-barang lainnya. Sedangkan jasa lokal adalah layanan apapun yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing.

1.Kerajinan Masyarakat

Kerajinan masyarakat merupakan bentuk produk lokal. Umumnya produk kerajinan menyesuaikan dengan budaya masing-masing daerah, seperti ukiran Toraja serta patung Asmat. Kerajinan tersebut kebanyakan sebagai hiasan rumah, baik untuk dipasang di dinding maupun diletakkan di meja atau bufet. Beberapa kerajinan berupa alat-alat rumah tangga, dan menjadi berharga karena keunikannya. Centong nasi dari batok kelapa, alas piring dari rotan, warna-warni tikar pandan, tas noken Papua, kerai bambu peneduh dari sinar matahari, dan sebagainya.

Kerajinan tekstil juga menyebar di berbagai tempat. Di setiap daerah di Indonesia hampir selalu memiliki tekstil yang khas. Seperti batik di Jawa, tenun Sumba, songket Palembang, sutra Bugis. Masih sangat banyak kerajinan kain di Indonesia.

Produk kerajinan Indonesia tidak hanya beredar di dalam negeri. Di luar negeri, kerajinan-kerajinan Indonesia juga sangat digemari oleh para pengoleksi kerajinan. Siapa tahu, di antara kerajinan yang dikoleksi orangorang asing pun ternyata berasal da ri daerah kalian.

2.Produk Lokal

Produk lokal mungkin saja banyak terdapat di daerah kalian masing-masing. Seperti produk yang berupa sandang atau pakaian, baik yang terkait dengan kerajinan tradisional maupun produk modern.

Beragam jenis pakaian, baik untuk laki-laki, perempuan, maupun anak-anak, yang diproduksi di sekitar tempat tinggal masing-masing dapat disebut produk lokal. Produk lokal lain yang juga disandang adalah sepatu, sabuk, topi, dompet, hingga tas.

Beberapa produk memiliki model dan kualitas yang sangat bagus, hingga dapat bersaing dengan produk-produk internasional yang mahal. Beberapa produk memiliki pasar di berbagai negara. Apalagi setelah ada sistem pemasaran secara daring. Bukan tidak mungkin produk tersebut juga berasal dari daerah kalian. Produk lokal yang juga menonjol adalah mebel. Meja, kursi, lemari, cermin, hingga jendela dan pintu khas Indonesia 

3.Jasa Lokal

Yang juga perlu diperhatikan di masing-masing daerah adalah penyedia jasa lokal. Tidak sedikit warga yang melayani jasa untuk masyarakat sekitarnya seperti jasa rias, jasa fotografi dan video, penjahit, potong rambut, memasak, cuci dan setrika, pertukangan, jasa arsitektur, hingga jasa untuk memijat. Ada juga jasa yang sangat khusus, di antaranya adalah jasa penitipan hewan peliharaan, jasa konsultasi keluarga, jasa konsultasi talenta dan pengembangan cita-cita, bahkan jasa pengelola pesta pernikahan. Jasa membuat akuarium pun ada di Indonesia dan telah menjadi juara di berbagai perlombaan kelas dunia

B.Cara menghargai produk dan jasa lokal

Produk dalam negeri ialah hasil kerja, kreativitas, dan prestasi bangsa sendiri. Tindakan nyatanya adalah dengan membeli barang-barang produksi dalam negeri. Produk dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dari barang produksi luar negeri. Bahkan, beberapa produk dalam negeri mulai diekspor ke pasar luar negeri. Jadi, mulai saat ini banggalah memakai barang-barang produksi dalam negeri.

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh jika memakai produk dalam negeri. Selain harganya yang relatif murah karena bukan barang impor dan tidak terkena bea masuk, memakai produk dalam negeri juga memberi kesempatan kepada generasi bangsa untuk berkarya dan  mendukung memajukan ekonomi indonesia. Berikut cara menghargai Produk dan jasa lokal:

1.Membeli barang lokal atau memasukan produk lokal ke dalam list belanja kebutuhan pribadi

2.Mengajakan teman, sahabat, kerabat berbelanja produk - produk lokal atau produk dalam negeri

3.Membuat dan membentuk komunitas produk atau mengikuti komunitas supaya bisa update informasi

4..Ikut mempromosikan di account social media yang dimiliki tentang produk - produk lokal yang disukai atau yang menjadi favorit.

5.Mencari informasi sebanyak mungkin mengenai barang - barang kebutuhan sehari - hari yang diproduksi di dalam negeri.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar